Studi Kelayakan Ruang Perkantoran Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (Bpkad) Kabupaten Nganjuk

Mohammad Erfan Arif, Susenohaji Susenohaji, Raditha Dwi Vata Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan ruang gedung Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKAD) Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis-deskriptif dan normatif. Metode analisis yuridis normatif dilakukan melalui studi literatur dengan memeriksa data sekunder dalam bentuk peraturan atau dokumen hukum dan referensi lainnya. Referensi hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah Permenpu No. 45 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Konstruksi Gedung Negara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang kantor BPKAD tidak memenuhi standar ideal atau standar kantor yang dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan produktif.


Keywords


kelayakan, BPKAD, Permenpu No. 45 Tahun 2007

Full Text:

PDF

References


Asnar, Habibi, Zaid, 2013. Pengaruh Tata Ruang Kantor terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Di Pusat Kajian Dan Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) Samarinda, eJournal Ilmu Pemerintahan Fisip Unmul.

Bary, Cushway, 2002. Human Resource Management, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Bogdan, Robert C. Dan Steven J. Taylor, 1992. Introduction to Qualitative Research Methotds: A Phenomenological Approach in the Social Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons, Usaha Nasional: Surabaya.

Buchari, Alma, 2001. Pengantar Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Gie, The, Liang, 2009. Administrasi Perkantoran, Yogyakarta: Modern Liberty.

Hameed, Amina, dan Shehla Amjad, 2009. Impact of Design on Employees Productivity. Pakistan: Journal of Public Affairs.

Hidayat, A., A., Alimul, 2010. Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif, Jakarta: Heath Books.

Ida, Nuraida. 2008. Manajemen Administrasi Perkantoran, Yogyakarta: Kanisius.

Laksmi, Fuad, dan Budiantoro, 2008. Manajemen Perkantoran Modern, Jakarta: Erlangga.

Mills, Goofrey, 2001. Manajemen Perkantoran Modern, Jakarta: Binarupa Aksara.

Moekijat. 2002. Tata Laksana Kantor Manajemen Perkantoran, Bandung: Mandar Maju.

Moenir, A., S., 1987. Pendekatan Manusiawi dan Organiasi terhadap Pembinaan Kepegawaian, Jakarta: Sinar Grafika.

Panggabean, Mutiara, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bogor: Ghalia Indonesia.

Permenpu No. 45 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Gedung Negara

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintahan Daerah.

Punaji, Setyosari, 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan, Jakarta: Kencana.

Saleem, A. et al., 2012. Iranian Journal of Management Studies (IJMS) Online Journals: Impact of Interior Physical Environment on Academician’s Productivity in Pakistan Higher Education Institutes Perspectives (Online), Vol. 5, No. 1.

Sedarmayanti, 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: CV Mandar Maju.

Siagian, P, Sondang, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara.

Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukoco, Munir, Badri, 2007. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Jakarta: Erlangga.

Taiwo, A.S. 2009. African Journal of Business Management, 1993-2010: The Influence of Work Environment on Workers Productivity: A Case of Selected Oil and Gas Industry in Lagos, Nigeria (Online), Vol.4, (3).

Terry, R. George dan Leslie, W. Rue, 2008. Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.

Quible, Z.K. 2001.Administrative Office Management, an Introduction 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mohammad Erfan Arif, Susenohaji Susenohaji, Raditha Dwi Vata Hapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.