PERENCANAAN PERSEDIAAN PADA APOTEK X MENGGUNAKAN METODE EOQ

Anisya Sukmawati, Auditya Raihan Ramadhan

Abstract


Persediaan barang dagang merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dagang. Persediaan diperlukan untuk menciptakan penjualan dengan tujuan mendapatkan laba. Persediaan merupakan aktiva lancar yang memiliki resiko cukup tinggi dalam kegiatan perusahaan jika tidak perhatikan dengan benar maka resiko yang ditimbulkan dapat berupa resiko fisik dan resiko keuangan, misalnya dari segi fisik yaitu apabila terdapat kecurangan yang ada digudang karna kurangnya pengawasan dan adanya obat yang masuk ke masa expired mengakibatkan kerugiaan material karena harus membuang obat yang kadaluarsa dan mengakibatkan konsumen kecewa karena ketidak adaan barang yang dibutuhkan. Dan dari segi keuangan yaitu apabila terjadi kesalahan dalam pencatatan yang mengakibatkan kerugian perusahaan pada periode akuntansi.


Keywords


Metode EOQ; Safety Stock; Reorder of Point; Maimum Inventory; TIC

Full Text:

PDF

References


Angrraini, L. (2016). Bab II Kajian Pustaka 2.1 . Metode EOQ untuk mencari titik keseimbangan antara biaya pemesanan dengan biaya penyimpanan, 6-9.

ardra.biz. (2020). Perhitungan Economic Order Quantity Persediaan, Pengertian Fungsi Jenis Contoh Soal. E-Journal ardra.biz tag rumus-total-inventory-cost-tic, 3-10.

Darmawan G, C. &. (2015). Penerapan Economic Order Quantity (EOQ) Dalam Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Tepung Pada Usaha Pia Ariawan Di Desa Banyuning Tahun 2013. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, 3(2).

Jojonomic. (2019). Rumus dan Cara Menghitung Economic Order Quantity. Jojonomic.com blog economic-order-quantity, 1-10.

Lasmana, A. (2017). BAB I Pendahuluan 1.1 Latar Belakang. repository.unpas.ac.id, 1-2.

Lestari, C. (2015). Pengertian Economic Order Quantity. BAB II Tinjauan Pustaka , 11-19.

Marendra, D. (2019). Reorder of Point - Pengertian dan Cara Menghitungnya. hashmicro blog pengertian-reorder-point, 1-10.

Wahyudi. (2015). Analisis Pengendalian Persediaan Barang Berdasarkan Metode EOQ di Toko Era Baru Samarinda. E-Journal Ilmu Administrasi Bisnis, 162-173.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.vokasindo.2021.009.1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anisya Sukmawati, Auditya Raihan Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.