E-MOT, PENGGUNAN E-MARKETING PADA REMAJA SEBAGAI BENTUK KEWIRAUSAHAAN

Agung Budi Leksono, Ayu Paramadita Dewi, Budi Fajar Supriyanto

Abstract


Kemajuan teknologi dan komunikasi dapat menjadi pendorong setiap individu dalam membangun sebuah bisnis. Pada saat ini mulai bermunculan wirausaha muda yang ada di Indonesia. Dalam membangun sebuah bisnis diperlukan strategi Marketing. Ada beberapa media yang dapat digunakan sebagai sarana kegiatan Marketing. Sosial media dan Marketplace merupakan dua jenis E-Marketing yang dapat digunakan oleh perusahaan. Strategi Marketing yang diterapkan oleh setiap pemilik bisnis tentu berbeda-beda. Sehingga maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman dan pemanfaatan EMarketing pada remaja khususnya pelajar di SMA dan SMK Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data kuesioner. Pengolahan data pada penelitian ini melalui beberapa proses yaitu normalisasi data, scoring, hingga tabulation. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa pelajar SMA dan SMK di Kota Malang telah memahami E-Marketing. Sosial media yang paling banyak digunakan adalah Instagram dengan persentase 82%, sedangkan Marketplace yang paling banyak digunakan adalah Shopee dengan persentase 61%. 51% pelajar SMA dan SMK di Kota Malang masih belum mempunyai bentuk kewirausahaan sehingga belum mampu memanfaatkan media E-Marketing secara maksimal.


Keywords


E-Marketing; Sosial Media; Marketplace

Full Text:

PDF

References


Dewi, S. (2007). Komunikasi Bisnis. Penerbit ANDI.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal riset Manajemen Sains Indonesia, Vol 9, No. 2, 194.

Haryanto, A. T. (2019, Mei 16). Pengguna Internet Indonesia Didominasi Milenial. Dipetik Februari 27, 2020, dari detik:

https://inet.detik.com/telecommunication/d-4551389/pengguna-internet- indonesia-didominasi-milenial

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Pertiwi, W. K. (2019, 02 04). Separuh Penduduk Indonesia Sudah "Melek" Media Sosial. Dipetik 03 16, 2020, dari Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2019/02/04/19140037/separuh-penduduk-indonesia-sudah-melek-media-sosial

Pratama, A. (2019, Juli 19). Jumlah Pengguna Facebook Tembus 2,38 M, di RI Berapa? Diambil kembali dari cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190719144302-40-86209/jumlah-pengguna-facebook-tembus-238-m-di-ri-berapa

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategi.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.vokasindo.2021.009.1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agung Budi Leksono; Ayu Paramadita Dewi; Budi Fajar Supriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.