PENERAPAN DIGITAL SAVING DALAM MENGURANGI ANTREAN CUSTOMER SERVICE PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA,TBK UNIT BATU 1

Amelia Pambudi, Susenohaji Susenohaji

Abstract


Abstrak : Penerapan Digital Saving Dalam Mengurangi Antrian Pelayanan Pelanggan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Unit Batu 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Digital Saving, serta faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan Digital Saving dalam mengurangi antrian Customer Service di PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Unit Batu 1. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data tambahan meliputi dokumentasi foto, dokumen atau arsip yang diperoleh melalui jurnal atau buku. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa informan setuju bahwa layanan tabungan digital dapat mengurangi antrian layanan nasabah dengan layanan yang cepat, aman, nyaman, dan berkualitas antrian.


Keywords


Kata Kunci : Digital Saving BRI, Antrian.

Full Text:

PDF

References


(n.D.). Retrieved From Bukarekening.Bri.Co.Id: Https://Bukarekening.Bri.Co.Id/Digital-Saving/

Abdullah, T., & Wahjusaputri, S. (2018). Bank Dan Lembaga Keuangan (2 Ed.).

Jakarta: Mitra Wacana Media.

Anggrainy, D. (2015). Peranan Customer Service Terhadap Nasabah Di Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Sidoarjo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt.Rineka Cipta.

Ayu, R. P. (2022). Implementasi Digital Saving Dalam Memperbaiki Mutu Layanan Pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember.

Bakri, M. M. (2022). Pengaruh Model Layanan Pembukaan Rekening Online Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Lampung). 3.

Bleckruant. (2012). Peran Penting Teknologi Informasi Dalam Perbankan. Retrieved From Http://Bleckurant.Blogspot.Co.Id/2012/11/Peran-Penting- Teknologi-Informasi-Dalam.Html

Bri Buka Rekening(Bri Digital Tabungan). (2020, 08 21). Retrieved From Promo.Bri.Co.Id:Https://Promo.Bri.Co.Id/Main/Hotoffers/Detail/Britama_Digital

_Saving

Gramedia. (2021). Teori Antrean Dan Sistem Antrean Yang Harus Kamu Tahu. Retrieved From Gramedia.Com/Literasi/Teori-Antrian/: Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/Teori-Antrian/

Hakim, I. (2020, 10 2). Insanpelajar.Com. Retrieved From Indikator: Pengertian, Fungsi, Dan Jenisnya: Https://Insanpelajar.Com/Indikator/

Informasi Perusahaan Sejarah Perusahaan. (N.D.). Retrieved From Https://Bri.Co.Id/: Https://Bri.Co.Id/Info-Perusahaan

Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Cv Andi.

Kadir, A. (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Cv Andi.

Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada. Kasmir. (2014). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada. Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada. Katadata.Co.Id. (2020, Juli 08). Retrieved From "Bri Buka Rekening" Platform

Digital Saving Lebih Dekat Dengan Nasabah: Https://Katadata.Co.Id/Timpublikasikatadata/Finansial/5f07dfbdd9343/Bri- Buka-Rekening-Platform-Digital-Saving-Lebih-Dekat-Dengan-Nasabah

Lucyantoro, B. I., & Rachmansyah, M. R. (2017). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelangan (Studi Kasus Di Mybca Ciputra World Surabaya).

M.Djamal. (2015). Paragdima Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ojk. (N.D.). Layanan Digital Banking. Retrieved From Https://Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id/:Https://Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id/Frontend/Cms/Article/345

Rizal, S. (2018). Perbankan Komputer. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Rombe, Y. (2020). Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Melalui Digitalisasi Jasa Perbankan Di Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Pusat Jakarta Pusat. Jurnal Ekonomika.

Silaban, & Sulvin, M. (2015). Analisis Kinerja Sistem Antrean M/M/C. Jurnal Singuda Ensikom, 165-170.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suseno, A., & Arifin, J. (2020). Analisis Sistem Antrean Sebagai Upaya Mengoptimalkan Layanan Teller di Bank BRI Cabang Cibadak Kabupaten Sukabumi. Journal of Industrial Engineering and Management Systems, 13.

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Amelia Pambudi, Susenohaji Susenohaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.