IMPLEMENTASI PENCEGAHAN DAN PENYELESAIAN SOCIAL ENGINEERING CUSTOMER SERVICE PADA BANK BRI UNIT ITN II MALANG

Claudinar Tasya Salsabi, San Rudiyanto

Abstract


Abstrak: Implementasi Pencegahan Dan Penyelesaian Social Engineering Customer Service Pada Bank BRI Unit ITN II Malang. Perkembangan teknologi informasi membuat institusi perbankan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Kecanggihan teknologi yang diterapkan oleh institusi perbankan telah diakui mampu menangkal potensi kejahatan perbankan yang dilakukan oleh hacker. Menyadari semakin canggihnya perlindungan sistem perbankan, hacker tidak hanya beroperasi di balik komputer untuk menyerang targetnya, mereka juga menghampiri targetnya secara langsung untuk mendapatkan informasi berharga yang mereka butuhkan sehingga dapat mengakses sistem yang terlindungi oleh benteng keamanan dan membuat penanganan keamanan apapun menjadi tidak berguna, cara seperti inilah yang biasa disebut sebagai Social Engineering. Dalam social engineering, si pelaku memanfaatkan sifat alamiah dari manusia. Hal ini diartikan bahwa betapa sifat alami manusia dapat diketahui dan dipelajari juga dimanfaatkan untuk tujuan tertentu. Kejahatan social engineering sangat membahayakan bisnis perbankan karena berpotensi menimbulkan kerugian finansial, reputasi dan hukum bagi bank dan nasabahnya melalui serangan fisik dan serangan psikologis. Untuk mengurangi resiko tersebut, bank perlu untuk melatih dan mendidik staf mereka mengenai ancaman keamanan dan bagaimana caranya mengenali dan mengantisipasi serangan Social Engineering. Untuk mencegah dampak social engineering pada bisnis perbankan diperlukan langkah antisipatif melalui mencegah kebocoran password, keamanan akses informasi, verifikasi kontak, mengikuti prosedur, pelaporan tindakan mencurigakan, menjaga emosi, pelatihan berkelanjutan dan memberikan edukasi kepada nasabah.

Keywords


Kata kunci : Perbankan, Hacker, Social Engineering, Keamanan, Informasi, Nasabah.

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2005). Dalam Metodologi Penelitian Kuantitatif (hal. 48, 122).

Bandung: Prenata Media Grup.

Indonesia, C. (2022, Maret 15). Transaksi Digital BRI Tumbuh 96,7%. Dipetik februari 20, 2023, dari CNBC INDONESIA: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220315161542-37-323005/wow- transaksi-digital-bri-tumbuh-967-ini-rinciannya

M. Jensen, R. W. (2020). Building the Human Firewall: Combating Phishing through Collective Action of Individuals Using Leaderboards. SSRN Electron.

Moloeng, L. J. (2000). Dalam Metodologi Penelitian Kualitatif (hal. 3, 135). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad. (2008). Dalam Metodologi Penelitian Islam Pendekatan Kualitatif

(hal. 152). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nugraha, A. M. (2022). Pangguna Aplikasi BRImo. Jakarta: CNBC Indonesia. Rafizan, O. (2019). Analisis Penyerangan Social Engineering. Peneliti Bidang Teknologi Informatika di Puslitbang Aptika & IKP Balitbang SDM Kominfo, 116-117.

Siagian. (2016). Dalam Analisis Wacana Radikalisme pada Situs Online di Indonesia dalam Perspektif Keamanan Nasional. Bogor: Studi Peperangan Asimetris Universitas Pertahanan.

Subekti. (2015). Dalam Dinamika Konsolidasi Demokrasi: Dari Ide Pembaharuan Sistem Politik hingga ke Praktik Pemerintahan Demokratis. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Claudinar Tasya Salsabi, san rudiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.