PEMUTAKHIRAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH MELALUI OPTIMALISASI AKTIVASI DOI (DIGITAL OBJECT IDENTIFIER) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN TATA KELOLA JURNAL

Fitriana Rakhma Dhanias

Abstract


Peningkatan tata kelola jurnal menjadi krusial dalam mengoptimalkan visibilitas dan aksesibilitas karya ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran penggunaan Digital Object Identifier (DOI) dalam pemutakhiran publikasi karya ilmiah. DOI menjadi kunci utama dalam mengaitkan karya ilmiah dengan sumber informasi yang dapat diandalkan, memberikan kemudahan dalam pencarian dan penemuan konten akademis. Penggunaan DOI diintegrasikan dalam rangka meningkatkan aksesibilitas dan interoperabilitas publikasi ilmiah, serta memberikan kejelasan dalam penelusuran sumber dan pembaruan. Metodologi penelitian melibatkan survei dan analisis data terkait penerapan DOI dalam jurnal ilmiah, serta evaluasi dampaknya terhadap peningkatan kualitas tata kelola. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman lebih mendalam tentang efektivitas penggunaan DOI dalam pemutakhiran publikasi karya ilmiah dan sekaligus memberikan rekomendasi untuk peningkatan tata kelola jurnal secara menyeluruh.

Kata Kunci: Digital Object Identifier (DOI), aksesbilitas, publikasi ilmiah.


Full Text:

PDF

References


Almah, Hildawati. 2017. Eksistensi Jurnal Ilmiah di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar: Perannya dalam Mendukung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menuju world class university”, Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan. Vol. 3 No.2http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanahalhikmah/article/viewFile/1050/pdf_7# (20 Februari2023)

Andri. 2016. Cara Setup DOI di Portal Jurnal – RJI. RJI. https://relawanjurnal.id/cara-setup-doi-di-portal-jurnal/

Aulianto, D., Yusup, P., & Setiati, Y. (2019). Analisis Kebutuhan Informasi Bagi Pengelola Jurnal

Ilmiah Ber-ISSN Di Indonesia. Seminar Nasional MACOM III Universitas Padjadjaran 2019 “Communication and Information Beyond Boundaries,” 728–735.

Bungin, B. 2015.Analisis Data PenelitianKualitatifPemahaman Filosofis danMetodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Erhan. 2018. Analisis Tingkat Pemanfaatan Jurnal Elektronik PROQUEST MEDICAL LIBRARY Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahassiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis Pada Layanan Digital Perpustakaan USU. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/17207diakses tanggal 12-02-2023

Miles,&Huberman.1994.QualitativeDataAnalisys.USA:SagaPublication

Reitz,Joan.2004.DictionaryforLibraryandScience.London:LibrariesUnlimited.

Ristekdikti.2018.PedomanAkreditasiJurnalIlmiah(Pertama).ArjunaRistedikti

Tresnawan,AriefD.2005.JurnalElektronik:BerbagiPengalamanProses berlangganan

Jurnal Online di UPT Perpustakaan UNISBA. http://ipi.or.id/materi/IPIkiat.docdiakses tanggal 12-02-2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitriana Rakhma Dhanias

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.