VISUALISASI KARAKTER DALAM ANIMASI 3D CERITA RAKYAT AIR TERJUN RORO KUNING MENGGUNAKAN METODE MANGA MATRIX

Wuri Cahya Handaru, Erlangga Adnan Aziz

Abstract


Air Terjun Roro Kuning adalah salah satu obyek wisata air terjun di Nganjuk, Jawa Timur. Penamaan air terjun tersebut disesuaikan dengan cerita misteri Roro Kuning oleh penduduk lokal. Banyaknya pengunjung yang datang di air terjun tidak mengetahui cerita dibalik penamaan tersebut. Dengan menerapkan animasi 3D cerita rakyat Air Terjun Roro Kuning diharapkan menjadi salah satu solusi untuk memberikan informasi karena menciptakan kesenangan kepada para penonton dalam menerima pesan berupa audio dan visual. Animasi 3D ini mempunyai 2 karakter sebagai tokoh utama yaitu Roro Kuning dan Dewi Ruting yang mempunyai sifat berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mencari konsep dibalik karakter visual setiap tokoh. Pada penelitian ini diterapkan metode Manga Matrix yang dikembangkan oleh Hiroyoshi Tsukamoto. Penerapan  Manga Matrix terdiri dari Form Matrix, Costume Matrix, dan Personality Matrix guna mendapatkan visualisasi karakter yang tepat dalam Animasi 3D Air Terjun Roro Kuning sehingga penonton tertarik dan memahami informasi yang disampaikan.

Kata Kunci: Visualiasi karakter, Animasi 3D cerita rakyat, manga matrix, air terjun Roro Kuning


Keywords


Visualiasi Karakter, Animasi 3D Cerita Rakyat; Manga Matrix; Air Terjun Roro Kuning

Full Text:

PDF

References


Anggara, I Gede Adi Sudi & Yusa, I Made Marthana, I. N. J. (2021). Implementasi Rigging Pada Karakter ‘I Angsa’ dalam Film Animasi 2d ‘I Empas Teken I Angsa. Jurnal Desain, UNindra PGRI, 8. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/9366/419 9

Baihaqi, B., Maulinda, M., & Ulfa, M. (2019). Perancangan Animasi 3D Gedung Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Sebagai Media Informasi. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(1), 79-85.

Hermanudin, Danika Clarafitri & Ramadhani, Nugrahardi. (2019). Perancangan Desain Karakter Untuk Serial Animasi 2D “Puyu to The Rescue” dengan Mengapatasi Biota Laut. Jurnal Sains dan Seni ITS Vol. 8, No. 2 (2019). F227-F233.

Lestari, Dewi. (2023). 10 Cerita Rakyat Indonesia Paling Terkena dan Kaya Pesan Moral. IDN Times. Diakses 28 Januari 2023, dari https://www.idntimes.com/life/education/dwi-lestari- 1/kumpulan-cerita-rakyat-paling- terkenal-di-indonesia-c1c2

Radar Kediri. (2020). Wisatawan Sudah Berkunjung ke Roro Kuning. Diakses 14 Agustus 2023, dari https://radarkediri.jawapos.com/politik pemerintahan/781283998/wisatawan-sudah-berkunjung-ke-roro-kuning

Sarita, Yurika. (2013). Definisi Karakter pada Film Animasi. Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Tillman, B. (2011). Creative Character Design. pp. 11-12.

Tsukamoto, Hiroyoshi. (2006). Manga Matrix: Create Unique Characters Using the Japanese Matrix System. USA: Harper Collins Publisher.

Walhidayat, W., Yuhelmi, Y., & Devega, M. (2019). Perancangan Animasi Robot 3D Sebagai Sarana Promosi. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 11(02), 103-111.

Yasa, Ngakan Putu Darma & Anggara, I Gede Adi Sudi.(2020). Perancangan Karakter dan Desain Latar untuk Aset Game: Petualangan Ikan Badut. Jurnal TANRA Desain Komunikasi Visual, Volume 9, 2 Mei – Agustus 2022, 151-160.

Yulianti, I. (2021). Perancangan Desain Karakter Jole Berbasis Lokal Flores, Indonesia. Journal of Animation & Games Studies, 7. https://journal.isi.ac.id/index.php/jags/art icle/view/4382/pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wuri Cahya Handaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.