APLIKASI PENGADAAN BAHAN BAKU BATIK MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO DAN FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Salnan Ratih Asriningtias, Novita Rosyida, I Dewa Made Widia, Eka Ratri Wulandari

Abstract


UMKM menjadi perhatian untuk dioptimasi mengingat UMKM adalah usaha kecil menengah dengan modal yang tidak terlalu besar. Segala upaya efisiensi harus terus diupayakan untuk membantu kinerja dan penekanan biaya produksi. Pentingnya efisiensi dalam proses order mempengaruhi penghematan biaya yang harus dikeluarkan untuk persediaan. Faktor utama yang mempengaruhi efisiensi dalam proses order diantaranya adalah pemilihan pemasok yang tepat dan penentuan jumlah order yang tepat. Pada penelitian ini digunakan pengembangan aplikasi  pengadaan bahan baku batik yang menerapkan metode Fuzzy Tsukamoto dan Fuzzy AHP guna memperoleh efisiensi dan efektifitas proses order. Fuzzy Tsukamoto untuk menentukan jumlah order dan Fuzzy AHP untuk pemilihan pemasok. Aplikasi pengadaan bahan baku batik dapat merekomendasikan pemasok untuk beli bahan baku, jumlah pemesanan bahan yang harus dipesan oleh manager beserta total biaya yang dikeluarkan dengan nilai MAPE 8.85% yang menujukkan bahwa tingkat akurasinya tinggi.

Kata Kunci: Fuzzy AHP, Fuzzy Tsukamoto, Pemasok, UMKM


Keywords


Fuzzy AHP; Fuzzy Tsukamoto; UMKM,;Pemasok

Full Text:

PDF

References


Aditya Suherdi, R., Taufiq, R., Yanuardi, & Aditya Permana, A. (2018). Penerapan Metode Ahp Dalam Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Pegawai Di Badan Kepegawaian Dan Pengembagan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang. Prosiding SINTAK, 522–528.

Asst Nazlı ERSOY, R. (2017). Supplier Selection By Using Fuzzy Logic: The Case Of Gaziantep. Journal of Economics Business and Political Researches Year, 2(3), 11–29.

Fajri, M., Regasari, R., Putri, M., & Muflikhah, L. (2018). Implementasi Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (F-AHP) Dalam Penentuan Peminatan di MAN 2 Kota Serang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(5), 2109–2117. http://j-ptiik.ub.ac.id

Gusman, A. P. (2018). Analisa Fuzzy Untuk Menentukan Angka Kepuasan Penjualan Produk Dengan Menggunakan Metode Tsukamoto. Jurnal KomTekInfo, 5(1), 143–149.

Mahmudy, W. F., & Cholissodin, I. (2015). Penentuan Persediaan Bahan Baku dan Membantu Target Marketing Industri Dengan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto. Repository Jurnal Mahasiswa PTIIK Universitas Brawijaya, 4(7). https://www.researchgate.net/publication/311743584

Nabillah, I., & Ranggadara, I. (2020). Mean Absolute Percentage Error untuk Evaluasi Hasil Prediksi Komoditas Laut. JOINS (Journal of Information System), 5(2), 250–255. https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3900

Pridiptama, R. P., & Rahayu, D. (2023). Optimalisasi Hasil Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Keripik Tempe Di Kelurahan Sindang Sari. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i1.50-55

Saad, S. M., Kunhu, N., & Mohamed, A. M. (2015). A Fuzzy-AHP Multi-Criteria Decision Making Model for Procurement Process. Int. J. Logistics Systems and Management, 1, 1–24.

Sonalitha, E., & Asriningtias, S. R. (2017). Analisis Perbandingan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Fuzzy Dalam Process Market Matching Umkm. Seminar Nasional Sistem Informasi, 1, 850–860.

Sonalitha, E., Nurdewanto, B., Ratih Asriningtias, S., Boedi Setiawan, A., & Tutuko, P. (2018). Perangkingan Pemilihan Importir Pada Proses Market Matching Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (Ahp) Dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fahp). Seminar Nasional Sistem Informasi, 2, 1194–1213.

Wibawa, I. M. B. W. L., Satrio, M. R., & Ariyani, N. W. S. (2018). Recommendation System Cooperative Stock Goods Orders Using Fuzzy Tsukamoto. International Journal of Engineering and Emerging Technology, 3(2), 97–103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salnan Ratih Asriningtias, Novita Rosyida, I Dewa Made Widia, Eka Ratri Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.