Rancangan Dan Penerapan Promosi Ruang Baca Melalui Media Sosial (Instagram) di Ruang Baca Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Malang

Novita Prisca Cahyani, Tri Mega Asri

Abstract


Ruang Baca Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya yang merupakan salah satu bentuk dari perpustakaan perguruan tinggi, pengunjung Ruang Baca tersebut rata-rata adalah 70 mahasiswa perhari dan kebanyakan dari pengunjung adalah mahasiswa semester akhir. Sedangkan Fakultas Ilmu Komputer  memiliki 5000 mahasiswa. Ruang Baca Filkom belum pernah melakukan kegiatan promosi baik secara online maupun offline. Pada penerapan promosi Ruang Baca FILKOM menggunakan media sosial Instagram dilakukan dalam 3 tahapan siklus setiap minggunya, dalam 1 siklus penulis melakukan promosi sebanyak 811 kali posting diakun Instagram. Pada penelitian ini ditetapkan sebuah target sebagai tolak ukur tingkat keberhasilan dari kegiatan promosi Ruang Baca FILKOM melalui instagram adalah sebagai berikut, besaran target ditentukan berdasarkan rata-rata pada postingan sebelumnya. Dengan dilakukannya promosi tersebut seluruh siklus telah melampaui angka yang telah ditargetkan pada rancangan target capaian.


Keywords


Promosi, Instagram, Perpustakaan Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2016. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet. Diakses dari https://apjii.or.id/ Pada tanggal 05 Februari2018.

Depdiknas. 2004. Buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi. Forum Kerja Sama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri. Diakses dari http://www.fkp2tn.org/ Pada tanggal 03 April 2018.

Indriani, Eka. 2017. Sejarah dan Perkembangan Instragram. Diakses darihttp://ilmuti.org/wp-content/uploads/2017/02/Eka-Indriani-Sejarah-dan-Perkembangan-Instagram-1.pdf . Pada tanggal 05 Februari 2018.

Kurniasih, Nuning. 2016. Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Perpustakaan. Makalah Seminar Nasional “Komunikasi, Informasi, dan Perpustakaan di Era Global”. Bandung. Diakses dari http://www.academia.edu/27643549/Optimalisasi_Penggunaan_Media_Sosial_unt uk_Perpustakaan Pada tanggal 23 Januari 2018.

Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rahmawati, Dewi. 2016. Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @FreezyBrowniezz). Repository Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Diakses dari https://digilib.uin-suka.ac.id/ Pada tanggal 18 Februari 2018.

Riza,. 2015. Strategi Promosi Perpustakaan Khusus (Studi pada Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya). Jurnal Administrasi Publik, 3(12):2101- 2106. Diakses dari https://download.portalgaruda.org/ . Pada tanggal 15 Maret 2018.

Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia.

Sumarni dan Soeprihanto. 2010. 99 Cara Super Lesatkan Bisnis Via Sosial Media.

Jakarta: Grasindo.

Sutarno NS. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto.

Variant. 2015. Penggunaan Web 2.0 Sebagai Media Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol.1, No.1. Diakses dari http://download.portalgaruda.org. Pada tanggal 10 Februari 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Novita Prisca Cahyani, Tri Mega Asri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.