Penulisan Booklet Versi Bahasa Inggris Untuk Siswa Magang Di Hotel Aria Gajayana Malang

Gledi Webyansyah

Abstract


Tulisan ini dibuat untuk membahas tentang pembuatan booklet bahasa inggris untuk siswa magang di Hotel Aria Gajayana. Semua informasi tentang hotel bisa didapatkan didalam booklet dalam bahas inggris. Booklet ini sangat bisa membantu untuk mahasiswa magang mempelajari informasi umum tentang hotel karena pihak hotel tidak memiliki booklet sebelumnya. Terdapat 5 aktvitas dalam proses penulisan booklet: perencanaan, penulisan,   peninjauan,   pengoreksian,   dan   penerbitan.   Di   dalam   proses perencanaan,  penulis  membuat  konsep  dan  mengumpulkan  informasi. Selanjutnjya, penulis menuliskan semua informasi dan ide yang ada di dalam proses penulisan. Kemudian, penulis berusaha mencoba merevisi dan memeriksa kembali sebelum proses pengoreksian. Di langkah pengoreksian terdapat   2 pengoreksi dari Manager Divisi Ruangan Hotel Aria Gajayana untuk mengoreksi isi dari booklet dan dosen pembimbing untuk mengoreksi isi dan juga struktur dalam bahasa inggris. Terakhir, penulis mencetak dan memberikan ke pihak hotel, khususnya tersedia di departemen Front Office dengan salah satu contoh cetakan dan dalam bentuk soft file. Isi dari booklet tersebut menyediakan   informasi mengenai latar belakang hotel, fasilitas, jenis kamar, nomor ekstensi, tempat tujuan,  standar  telepon  dan  salam.  Juga,  penulis  memberikan  tips  bagaimana dalam melakukan magang   di hotel. Mahasiswa yang ingin membuat  booklet sebagai tugas akhirnya untuk menulis booklet dengan proses penulisan yang lebih baik.


Keywords


booklet, proses penulisan, Hotel Aria Gajayana

Full Text:

PDF

References


Irawati, Tatik. 2015. Being An Excellent Writer with an Excellent Writing (Your Guide to Write in English as a Foreign Language). Malang: Madani

Ilmiatin, Iin. 2011. Perancangan Booklet Studio Keramik Sebagai Media Promosi. Tugas Akhir. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Johnson, Jackie. 2017. penandthepad.com (Online) (https://penandthepad.com/write-booklet-2307803.html) Leaf Group Education, diakses 3 Februari 2018.

Sriwindayanti, Dewi. 2017. Creating A Handbook For MTIC Apprentices. Final Project. Malang: Program Pendidikan Vokasi, Universitas Brawijaya.

Trimmer, Joseph F. 2003. The New Writing with a Purpose 14th Edition. UK: Wadsworth Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Gledi Webyansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.