ANALISIS MANAJEMEN TALENTA DALAM PENINGKATAN KINERJA STAF FOOD AND BEVERAGE SERVICE STUDI KASUS DI BEST WESTERN PAPILIO HOTEL SURABAYA
Keywords:
Layanan makanan dan minuman, Manajemen talenta, Analisis kebutuhan pengembangan dan pembelajaran.Abstract
Dalam industri perhotelan, layanan makanan dan minuman memiliki peran sentral dalam membentuk pengalaman tamu yang memuaskan. Oleh karena itu, manajemen talenta yang efektif dalam sektor ini menjadi krusial untuk mencapai kinerja yang unggul. Penelitian ini memiliki fokus pada analisis manajemen talenta dalam konteks peningkatan kinerja staf food and beverage di Best Western Papilio Hotel Surabaya. Penerapan manajemen talenta dalam industri perhotelan melibatkan serangkaian Manajemen kinerja, analisis kebutuhan dan pengembangan pembelajaran, implementasi kebutuhan dan pembelajaran, dan review talent. Dalam konteks studi kasus ini, Best Western Papilio Hotel Surabaya dipilih sebagai objek penelitian. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan manajemen hotel, staf food and baverage, dan observasi langsung terhadap operasional food and baverage.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang terstruktur dan komprehensif manajemen talenta di hotel ini memiliki dampak yang positif terhadap peningkatan kinerja staf food and baverage. Implementasi manajemen talenta semuanya berkontribusi pada peningkatan motivasi dan kinerja staf, yang pada gilirannya mempengaruhi kualitas layanan.
Â
References
Noe, R. A., Hollenbeck, J. R., Gerhart, B., & Wright, P. M. (2017). Human resource management: Gaining a competitive advantage. New York, NY: McGraw-Hill Education
Dessler, G. (2017). Human resource management. New York, NY: Pearson Education.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021, 28 Januari). Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi. Diakses pada 22 Februari 2023, darihttps://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th ed.). Pearson. p. 459.
Sunaryo. (2012). Pengantar Perhotelan. Andi. Halaman 56.
Marcella. (2019). Understanding the Characteristics of Resort Hotel. Tourism and Hospitality Research, 19(4), 497-506.
Ardian, H. (2018). Pengaruh Fasilitas, Harga dan Lokasi Hotel Capsule Terhadap Keputusan Menginap (Studi Kasus di Hotel Bobobox Jakarta). Jurnal Manajemen & Bisnis
Armstrong, M. (2012). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice (12th ed.). Kogan Page Publishers.
Flippo, E. B. (1984). Personnel management. McGraw-Hill Education.
Ninik Sugiarti. (2016). Pengantar Bisnis Perhotelan. Yogyakarta: Andi Offset.
Food Republic. (2014). The elements of fine dining. Diakses 28 Februari 2023, darihttps://www.foodrepublic.com/2014/08/08/the-elements-of-fine-dining/
Toast. (2022). Casual dining: Definition, examples, and trends. Diakses 28 Februari 2023, darihttps://pos.toasttab.com/resources/casual-dining.
Dessler, G. (2017). Human Resource Management (15th ed.). Pearson Education.
Ivancevich, J. M. (2010). Human Resource Management (11th ed.). McGraw-Hill.
Robbins, S. P. (2006). Perilaku organisasi (Organizational behavior) (Jilid 2). Penerbit Erlangga.
Dessler, G. (2005). Human Resource Management (10th ed.). Pearson Prentice Hall.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETAl
Brown, G. (2012). Hotel Operations Management. Taylor & Francis Group.
Babbie, E. (2016). The basics of social research (7th ed.). Cengage Learning.
Yin, Robert K. (2015). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, Lexy. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ketiga puluh dua, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2019). Human resource management: Essential perspectives. Cengage Learning.
Swanson, R. A. (2001), Human resource development and its underlying theory. Human Resource Development International, 4(3), 299-312.
Swanson R. A. (1999). HRD theory, real or imagined?. Human Resource Development Internati (Marketing for Hospitality and Tourism, 2020)onal, 2(1), 2-5.
Swanson, R. A. (1995). Human resource development: performance is the key. Human Resource Development Quarterly, 6(2), 207-213.
Sule, E. T., & Wahyuningtyas, R. (2016). Manajemen Talenta Terintegrasi. Penerbit Andi.
Chandra, E (2020). LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR HOTEL BISNIS DI KOTA DUMAI DENGAN PENDEKATAN MORFOLOGI …., e-journal.uajy.ac.id, http://e-journal.uajy.ac.id/23622/
Gallardo-Gallardo, E., Thunnissen, M., & Scullion, H. (2020). Talent management: context matters. International Journal of Human Resource Management, 31(4), 457–473. https://doi.org/10.1080/09585192.2019.1642645
Malika, D, & Irfani, A (2022). Pengaruh Manajemen Talenta terhadap Kinerja Karyawan pada PT. X. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, journals.unisba.ac.id, https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMB/article/view/933
Mende, CD, & Dewi, YEP (2021). Pengaruh Manajemen Talenta terhadap Employee Engagement dan Work From Home sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Administrasi Bisnis, ejournal.undip.ac.id, https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/download/36055/19033
Badi'ah, R, Swasti, IK, & Ariyanto, R (2021). Analisis Manajemen Talenta pada Divisi Public Relation dan Partnership Program Internship Campuspedia Batch 9.0. Maker: Jurnal Manajemen, maker.ac.id, http://maker.ac.id/index.php/maker/article/view/283