PENANGANAN LINEN SPOT TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL DEPARTEMEN HOUSEKEEPING DI ASTON SIDOARJO

Authors

  • Fadilla Wahyu Novitasari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya
  • Rugeri Fadhli Halim Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya

Keywords:

Penanganan, Linen Spot, Kelancaran Operasional

Abstract

Kebersihan pada linen merupakan hal yang paling utama dan paling diperhatikan oleh tamu saat memasuki kamarnya. Namun minimnya stok linen yang benar-benar bersih dari noda, departemen housekeeping terpaksa menggunakan linen dengan noda yang tidak terlalu parah untuk menyiapkan kamar. Hal tersebut membuat dampak negatif kepada departemen housekeeping dan membuat kelancaran operasional housekeeping terganggu. Penelitian ini menawarkan solusi untuk menangani linen spot supaya bisa menimimalisir terjadinya linen spot dan operasional departemen housekeeping Aston Sidoarjo dapat berjalan lancar seterusnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara dengan salah satu karyawan departemen housekeeping, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanganan yang dilakukan oleh departemen housekeeping Aston Sidoarjo sudah baik dan dapat melalui gangguan dalam kelancaran operasional mereka. Akan tetapi, penanganan yang mereka lakukan masih kurang efektif untuk dilakukan seterusnya. Maka dari itu, peneliti memberikan solusi yang bisa dilakukan oleh departemen housekeeping Aston Sidoarjo supaya dapat meminimalisir terjadinya linen spot dan operasional housekeeping bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

References

Ariska, S. (2016). Management Of Linen Housekeeping In The Premiere Hotel Pekanbaru. In Jom Fisip (Vol. 3, Issue 2).

Dr. Ibrahim. (2015). Metodologi Peneltian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif (Dr. M. E. Kurnanto, Ed.; Pertama).

Efendi, D. (2019). Manajemen Operasional, Perpustakaan Nasional Ri: Katalog Dalam Terbitan Susunan Tim Penyusun. Http://Repository.Unas.Ac.Id

Huda, S., & Hidayati, A. (2014). Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kualitas Jasa Hotel Berbintang Di Bengkulu (Studi Kasus Pada Hotel Rio Asri) Syamsul Huda Dan Arifah Hidayati.

Oktazana, D., Arief, A. M. R., & Par, S. M. (2017). Koordinasi Kerja Front Office Department Dengan Housekeeping Department Di Aston Karimun Hotel. In Jom Fisip (Vol. 4, Issue 1).

Prayogi, D. (2018). Pengaruh Kelengkapan Peralatan Room Attendant Terhadap Kinerja Housekeeping Di Hotel Santika Premiere Malang. Jurnal Pariwisata Pesona, 3(1). Https://Doi.Org/10.26905/Jpp.V3i1.1406

Sarmika, P., Pardede Conselor, A., & Yusrizal, F. (2018). Pelaksanaan Tugas Order Taker Departement Housekeeping Di Nagoya Mansion Hotel & Residence Batam. In Jom Fisip (Vol. 5, Issue 1).

Downloads

Published

2024-07-23

Issue

Section

Articles