ANALISIS APLIKASI MY SANTIKA TERHADAP JUMLAH PEMESANAN KAMAR DI HOTEL SANTIKA PREMIERE MALANG
Keywords:
MySantika, Online Travel Agent, Pemesanan KamarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aplikasi MySantika terhadap jumlah pemesanan kamar di Hotel Santika Premiere Malang. Pengambilan judul tugas akhir ini didasari oleh adanya persaingan antara pemesanan kamar melalui aplikasi MySantika dengan Online Travel Agent (OTA) lain di Hotel Santika Premiere Malang sehingga peneliti ingin menganalisis bagaimana pengaruh aplikasi MySantika terhadap pemesanan kamar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh aplikasi MySantika terhadap pemesanan kamar dan bagaimana peran manajemen hotel untuk memperkenalkan aplikasi MySantika kepada tamu. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu wawancara dengan Pj. Asst. FOM dari Departemen Front Office dan Bagian E- Commerce dan Reservasi dari Departemen Sales & Marketing dan data sekunder menggunakan data jumlah pemesanan kamar dari system PMS Hotel Santika Premiere Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi MySantika berpengaruh positif terhadap jumlah pemesanan kamar dalam 4 tahun terakhir dan peran dari manajemen hotel untuk memperkenalkan aplikasi MySantika kepada para tamu berhasil mempengaruhi peningkatan jumlah pemesanan kamar di Hotel Santika Premiere Malang.
Â
References
Bps.go.id. 1 Februari 2023. Jumlah Kunjungan Wisman Ke Indonesia Pada Desember 2022 Mencapai 895,12 Ribu Kunjungan dan Jumlah Penumpang Angkutan Udara Internasional Pada Desember 2022 Naik 14,87 Persen. Diakses pada 2 Maret 2023, dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2023/02/01/1974/jumlah-kunjungan- wisman-ke-indonesia-pada-desember-2022-mencapai-895-12-ribu- kunjungan-dan-jumlah-penumpang-angkutan-udara-internasional-pada- desember-2022-naik-14-87-persen.html
Bps.go.id. Jumlah Akomodasi, Kamar, dan Tempat Tidur yang Tersedia pada Hotel Bintang 2019-2021. Diakses pada 2 Maret 2023, dari https://www.bps.go.id/indicator/16/307/1/jumlah-akomodasi-kamar-dan- tempat-tidur-yang-tersedia-pada-hotel-bintang.html
Deepublishstore.com. 14 November 2022. 7 Macam Teknik Analisis Data (Kualitatif & Kuantitatif). Diakses pada 27 Februari 2023, dari https://deepublishstore.com/blog/teknik-analisis-data/
Florance, Ferlita, A., & Harianto, A. (2019). Pengaruh Online Review Terhadap Purchase Intention di Hotel Budget Pada Online Travel Agent (OTA). Program Manajemen Perhotelan Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra. (https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- perhotelan/article/view/10166).
Hendriyati, L. (2019). Pengaruh Online Travel Agent Terhadap Pemesanan Kamar di Hotel Mutiara Malioboro Yogyakarta. Media Wisata, 17(1), 3-4 (http://jurnal.ampta.ac.id/index.php/MWS/article/view/145/112).
Irwan. (2015). Dinamika dan Perubahan Sosial Pada Komunitas Lokal.
Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Jatim.antaranews.com. 11 Januari 2023. Disporapar Kota Malang Harapkan Kunjungan Wisatawan Naik Pada 2023. Diakses pada 2 Maret 2023, dari https://jatim.antaranews.com/berita/671436/disporapar-kota-malang- harapkan-kunjungan-wisatawan-naik-pada-2023
Kominfo.go.id. 18 Agustus 2015. Saatnya Kembangkan Potensi Pariwisata Indonesia. Diakses pada 2 Maret 2023, dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/5640/saatnya-kembangkan-
potensi-pariwisata-indonesia/0/infografis
Kompasgramedia.com. 2018. Bisnis Digital (MyValue). Diakses pada 25 Maret 2023, dari https://www.kompasgramedia.com/business/digital
Kustini, H. (2017). General Hotel Management. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Prakoso, Prasetyo Aji. (2017). Front Office Praktis. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Putro, Galuh Angger Adji. (2022). Pengaruh Online Travel Agent (OTA) Traveloka Terhadap Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Calista Beach Baubau. Jurnal Mahasiswa Pariwisata dan Bisnis, 1(7).
Sambodo, Agus. dan Bagyono. (2006). Dasar-Dasar Kantor Depan Hotel.
Yogyakarta: CV Andi Offset.
Saragih, Lenti Susanna. (2019). Dampak Online Travel Agent (OTA) Dalam Meningkatkan Pengunjung di Pardede Internasional Hotel Medan. Jurnal Online Nasional, 3(1).
Satudata.malangkota.go.id. 2022. Data Pariwisata. Diakses pada 2 Maret 2023, dari https://satudata.malangkota.go.id/publik/filter?bidang=Pariwisata
Teniwut, M. (2022, November 22). Teknik Pengumpulan Data dan Metode Penelitian. Media Indonesia. https://m.mediaindonesia.com/humaniora/539107/teknik-pengumpulan-data- dan-metode-penelitian
Utama, I Gusti Bagus Rai. dan Ni Made Eka Mahadewi. (2012). Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Wikipedia.org. Januari 2020. Kompas Gramedia. Diakses pada 25 Maret 2023, dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kompas_Gramedia