ANALISIS PROMOSI KAMAR TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP (STUDI PENELITIAN PADA LUMINOR HOTEL SIDOARJO)
Keywords:
Keputusan Menginap, Luminor Hotel dan PromosiAbstract
Hotel merupakan akomodasi penginapan yang berperan penting. Pengelolaan hotel perlu adanya manajemen, tentunya dalam meningkatkan occupancy penjualan salah satu yang harus dilakukan adalah perencanaan pemasaran berupa promosi, hal ini dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan. Strategi promosi juga dilakukan Luminor Hotel Sidoarjo untuk memperkenalkan produknya ke konsumen agar dapat mempengaruhi tamu memutuskan untuk menginap, serta promosi dilakukan karena banyaknya kompetitor di kota Sidoarjo yang bermunculan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan efektivitas promosi kamar yang dilakukan Luminor Hotel Sidoarjo dalam mempengaruhi keputusan tamu menginap. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan selama satu bulan. Data primer pada penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan bagian general manager dan marketing. Data sekunder didapatkan melalui pengamatan, foto, dokumen, dan internet. Analisis data menggunakan teknik Interactive Model. Peneliti menggunakan teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Didapatkan hasil penelitian yaitu, rata-rata kebehasilan minat tamu untuk menginap di Luminor Hotel Sidoarjo sebanyak 80% - 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan promosi kamar di Luminor Hotel Sidoarjo menggunakan dengan 3 media diantaranya media social, media partner, dan media advertising dengan rentang waktu yang cukup lama, yaitu 1 hingga 6 bulan berhasil dilakukan dan secara efektif dapat meningkatkan minat konsumen. Keberhasilan ini juga diakibatkan karena promosi tepat pada sasaran, dengan melakukan flyering, upselling dan mengirim pesan broadcast kepada konsumen lama.
References
Armstrong, P. K. dan G. (2013). Prinsip-Prinsip pemasaran (Ed 12). Erlangga.
Ghanitama, F. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. In
Hasyim, M. A. (2017). Pengaruh Citra Merk Terhadap Word Of Mouth dan Keputusan Pembelian.
Kotler, K. (2013). Manajemen Pemasaran (12th ed.).
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan.
Pristanto, Y., Wahyuni, S., & Handini, Y. D. (2018). Analisis Faktor-faktor Yang
Mempengaruhi Keputusan Menginap Pada Hotel Bintang Mulia Jember (Analys Factors That Influence Stay Overnight Decision at Bintang Mulia Hotel Jember).
Ritonga, H. M., Rachman, T., Fikri, M., Siregar, N., Agustin, R. R., & Hidayat, R. (2018). Manajemen pemasaran
Rusmini. (n.d.). Strategi Promosi sebagai Dasar Peningkatan Respons Konsumen.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sulastiyono, A. (2017). Manajemen Penyeleggara Hotel. Alfabeta.
Swastha, Basu, I. (2014). Manajemen Pemasaran Modern.
Tjiptono, Fandy; Diana, A. (2020). Pemasaran
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsi