PENGARUH FASILITAS HOTEL GOLDEN TULIP HOLLAND RESORT BATU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Akhmad Dedy Loojhi Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya
  • Erlangga Setyawan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya

Keywords:

Fasilitas, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas hotel terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian menggunakan populasi yaitu pengunjung Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu, baik tamu hotel yang menginap ataupun hanya menikmati fasilitas hotel. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengambilan sampel penelitian dilakukan menggunakan insidental sampling dengan jumlah 98 responden. Metode pengumpulan datayang digunakan adalah kuisioner. Instrumen dilakukan analisis data dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian asumsi yang digunakan adalah uji normalitas seta pengujian hipotesis memakai analisis regresi linier sederhana dan uji t memakai SPSS versi 20.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui variabel fasilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu. Besar pengaruh fasilitas Hotel tersebut terhadap kepuasan pelanggan sekitar 97,4% dan sisanya 2,6% dipengaruhi faktor lain diluar variabel.

References

N. K. Dewi, NPDE, & Seminari, NK (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Upaya Membangun Keunggulan Bersaing pada Hotel Alila Ubud. E-Jurnal Manajemen, 6 (11), 6120-6140. Diayudha, L.(2020). Industri Perhotelan Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Deskriptif. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(4), 1343-1364.

Yoety, O. A. (2008). Ekonomi pariwisata: introduksi, informasi, dan aplikasi. Penerbit Buku Kompas.

Anggraini, N., & Alhempi, R. R. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen PT Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1923-1930.

Oktaviani, W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Pelanggan, dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 140-152.

Ghozali, L. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sulastiyono, Agus. 2011. Manajemen Penyelenggara Hotel. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian), Yogyakarta : Andi Offset

Tiptono, Fandy. 2012. Service Management, Edisi Kedua. Yogyakarta : Penerbit Andi Yogyakarta.

Tiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. Tiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality, and Satisfaction, Edisi Keempat. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Tjiptono Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction. Edisi 3, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-05-26

Issue

Section

Articles