Analisis Usaha Tani Padi, Jagung, Kedelai Ditinjau Dari Aspek Akuntansi

Mufarrohah Mufarrohah

Abstract


Negara Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena Indonesia memiliki lahan yang luas didukung iklim yang cocok untuk pertanian. Kabupaten Malang merupakan salah satu wilayah yang mengembangkan hasil pertanian melalui agropolitan yang terletak di Kecamatan Poncokusumo. Terdapat beberapa komoditas yang dikembangkan di wilayah agropolitan diantaranya komoditas pangan berupa padi dan jagung. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas tanaman  komoditas pangan yaitu padi dan jagung juga kedelai yang belum dikembangkan di wilayah agropolitan namun telah dikembangkan di Kecamatan Kalipare. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif  dan data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis kelayakan ekonomi menggunakan R/CRatio. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  tingkat profitabilitas usaha tani padi, jagung maupun kedelai sama-sama menguntungkan sebab berdasarkan perhitungan return cost ratio menunjukkan nilai >1 . Namun dari dari segi optimalisasi laba tanaman jagung  lebih menguntungkan dibanding tanaman lainnya hal ini ditunjukkan oleh tingginya return cost ratio yang mencapai 1,75 disusul padi yang mencapai 1,55 dan kedelai 1,07. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanaman jagung mampu menghasilkan laba dan merupakan usaha yang efesien karena biaya yang relatif murah dibanding usaha tani padi. Oleh karena itu sebaiknya petani diarahkan untuk menanam jagung dan padi dan pemerintah hendaknya membantu dalam pengembangan wilayah pemasaran.

Keywords


profitability, return cost ratio

Full Text:

PDF

References


Jusup, H.A., 2011. Dasar-dasar Akuntansi. Yogyakarta: PT. Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Mubyarto. 1972. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Nurasa, T., dan Purwoto, A., 2010. Analisis Profitabilitas Usaha Tani Padi pada Agroekosistem Lahan Sawah Irigasi di Jawa dan Luar Jawa Perdesaan PATANAS. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Panjaitan, E.D.F., Lubis, N.S., Hasman. Analisis Efesiensi Produksi dan Pendapatan Usaha Tani Jagung, (Online), (https://media.neliti.com), diakses pada 20 Agustus 2016.

Peraturan Daerah Kabupaten Malang tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malang Tahun 2010-2015.

Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 19/Permentan/HK.140/4/2015. Rencana Strategis Kementerian Pertanian Tahun 2015-2019.

Sujarweni, W.V., 2016. Akuntansi Biaya Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Ulum, I., 2004. Akuntansi Sektor Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mufarrohah Mufarrohah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.