Perancangan Interior Ruang Studio Manufaktur Mebel Untuk Mengatasi Masalah Kebisingan

Titi Ayu Pawestri

Abstract


Kebisingan merupakan permasalahan utama pada sebuah perusahaan yang memproduksi mebel. Kebisingan yang terjadi secara terus menerus akan menimbulkan beberapa resiko kesehatan baik kesehatan fisik maupun mental. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja para karyawan yang bekerja di dalamnya. Sehingga produktivitas karyawan dapat menurun atau bahkan dapat mempengaruhi kualitas barang yang diproduksi. Untuk itu diperlukan sebuah penanganan secara perencanaan interior dengan cara re-layout dan penerapan material akustik yang dapat mengurangi kebisingan lingkungan yang disebabkan oleh proses produksi mebel. Material akustik yang dapat mengurangi kebisingan diaplikasikan ke dalam seluruh elemen interior yang digunakan pada ruang studio desain perusahaan mebel yang letaknya berdekatan dengan ruang produksi. Sehingga material akustik yang diaplikasikan ke dalam ruang studio desain selain dapat mengurangi kebisingan, juga dapat menambah keindahan ruangan.


Keywords


kebisingan, material akustik, perancangan studio

Full Text:

PDF

References


Doelle, L.L. 1972. Akustik Lingkungan. Jakarta: Erlangga.

Mediastika, E. Christina. 2005. Akustika Bangunan. Jakarta: Erlangga.

Acoustic Interior. Desain Akustik Ruangan : Bahan Kedap Suara vs Bahan Penyerap Suara, (Online), (http://peredamsuara.web.id) , diakses tanggal 6 Januari 2019.

Kencanawati, Cok Istri Putri Kusuma. 2017. Mata Kuliah Akustik, Noise dan Material Penyerap Suara, (Online), (simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/8fd00a708e84a556c9dba885cc89bec2.pdf), tanggal akses 4 Januari 2019.

Pasamurti, Titi Dwita dan Iyati, Wasiska. 2016. Rekayasa Desain Akustik Ruang Kelas SDN Kauman 1 Malang , (Online) (arsitektur.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jma/article/download/541/504), diakses tanggal 6 Januari 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Titi Ayu Pawestri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.