Proses Pembelajaran Kemampuan Membaca Lanjut Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Siswa Kelas IVA SD Brawijaya Smart School Malang)

Yuni Hardiana

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan guru dalam menyiapkan materi untuk pembelajaran kemampuan membaca lanjut dan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kemampuan membaca lanjut pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas IVA Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa siswa kelas IVA memiliki kemampuan membaca lanjut yang baik. Hal ini ditunjang oleh kegiatan guru dalam pemberian materi dan siswa yang mampu memahami buku pelajarannya dengan baik. Kegiatan persiapan yang dilakukan oleh guru untuk mengajar keterampilan membaca lanjut meliputi pencarian materi melalui internet dan buku, serta menyusun materi dengan sangat menarik agar siswa tidak merasa bosan di dalam kelas. Kegiatan pembelajaran pada siswa kelas IVA Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang dilakukan dengan metode pembelajaran seperti mind mapping, penggunaan video, presentasi, praktikum di dalam kelas, latihan soal dan tanya jawab. Dalam setiap kegiatan pembelajaran pada siswa kelas IVA Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang terdapat kegiatan membaca selama 15-25 menit untuk melatih kemampuan membaca lanjut siswa. Diharapkan agar guru-guru Sekolah Dasar terutama kelas IV dapat melakukan kegiatan tukar pikiran tentang proses pembelajaran kemampuan membaca lanjut yang baik, serta diharapkan kepada mahasiwa yang melakukan penelitian selanjutnya dapat meneliti kemampuan membaca lanjut siswa dalam lingkup kelas yang lebih tinggi seperti kelas V dan kelas VI.


Keywords


sekolah dasar, membaca lanjut, proses pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yuni Hardiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.