Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Gerakan “Ayo Membaca Buku” Di Perpustakaan Mts Assalam Pasuruan

Lestari Setyowati, Wahyuda Erdan

Abstract


Di dalam masyarakat kita, literasi masih belum menjadi budaya yang diminati. Peningkatan budaya literasi dapat dimulai dari sekolah melalui buku-buku perpustakaan. Untuk mendukung budaya literasi ini, maka sekolah harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai, terutama dalam hal pengadaan buku perpustakaan. Permasalahan yang ada di perpustakaan MTs Assalam yang ada selama ini adalah koleksi buku yang minim dan buku yang ada tidak menarik untuk dibaca karena sebagian besar adalah buku teks. Selain itu, kondisi perpustakaan  tidak dirawat dengan baik sehingga tidak menarik siswa untuk meminjamnya. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi siswa MTs Assalam memalui peremajaan perpustakaan dan membenahi sistem administrasi dan sirkulasi buku. Selama pengabdian, tim menggalang donasi buku dan mencari sponsor untuk membeli buku baru di toko-toko buku berdiskon. Usaha ini membuahkan hasil dengan terkumpulnya 289 buku untuk peremajaan buku di MTs Assalam. Selama seminggu pembukaan perdana peremajaan buku  perpustakaan  di MTs Assalam, jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan menunjukkan peningkatan yang baik bila dibandingkan sebelum sebelumnya. Buku yang dipinjam siswa  tidak hanya dibawa pulang untuk dibaca, namun juga dibaca disekitar sekolah. Maka dapat disimpulkan bahwa  pengabdian masyarakat di MTs Assalam dalam hal peremajaan buku mampu menumbuhkan budaya literasi siswa terutama dalam hal menumbuhkan kegemaran membaca. 


Keywords


literasi, membaca, peremajaan buku, perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Darmayanti, R. 2016. Membangun Budaya Literasi Informasi Bagi Masyarakat Kampus. Jurnal Iqra. Vol. 10, No. 1: 92-101. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/196944), diakses 10 Januari 2017.

Lasa, HS. 2007. Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurchaili. 2016. Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital.Libria. Vol.8 No.2: 197-209. (Online), ( https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/libria/article/download/1211/906), diakses 10 Januari 2017.

Saputra, D. 2015. Manfaat Pendidikan Bagi Masyarakat. (Online) (http://manfaat.co.id/manfaatpendidikan), diakses 2 Januari 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Lestari Setyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.